Categories
Kuliner Wisata

Inspirasi Aneka Olahan Makanan yang Berbahan Tempe

Inspirasi Aneka Olahan Makanan yang Berbahan Tempe – Orang Indonesia mana sih yang tidak kenal dengan tempe? Tentu saja kita semua sudah sangat mengenal betul dengan makanan yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai ini. Ngomong-ngomong soal tempe, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan mengulas beberapa aneka resep makanan Indonesia yang berbahan tempe seperti berikut.

1. Tempe Mendoan

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa tempe mendoan merupakan salah satu jenis kudapan yang paling populer di Indonesia. Hal itu pun terbukti, dimana tak sulit bagi kita untuk menjumpai para pedagang tempe mendoan. Disamping rasanya yang lezat dan gurih, harga yang ditawarkannya pun sangat bersahabat dengan isi dompet kita. Bahkan, cara membuat tempe mendoan ini terbilang cukup mudah lho.

2. Bakso Tempe Pedas Manis

Seperti yang sudah kita ketahui bakso pada umumnya itu menggunakan bahan dasar daging-dagingan. Namun, sekarang ini tidak ada salahnya bagi kamu untuk membuat bakso yang terbuat dari bahan tempe. Tak hanya cocok dijadikan untuk camilan santai, menu yang satu ini juga tentunya bisa kamu santap dengan sepiring nasi hangat. Meski terbuat dari tempe, namun bakso tempe manis pedas tersebut tidak kalah enaknya dengan bakso daging.

3. Nugget Tempe Ayam Wortel

Tak berbeda jauh dengan bakso, bahan dasar nugget juga pada umumnya terbuat dari daging-dagingan seperti daging sapi, daging ayam, ikan, dan lain sebagainya. Jika kamu sudah bosan dengan nugget yang begitu-begitu saja, maka nugget tempe ayam wortel ini wajib kamu coba. Adapun mengenai bahan-bahan yang harus kamu sediakan seperti :

  • 100 gram tempe (potong kotak memanjang lalu kukus selama 15 menit, kemudian haluskan)
  • 150 gram daging ayam (cuci sampai bersih lalu kikis selama 10 menit)
  • 100 gram wortel (parut)
  • 2 sdm tepung tapioca
  • 2 sdm tepun terigu
  • Kaldu jamur secukupnya
  • 3 butir telur
  • gram halus secukupnya

4. Tempe Keju

Jika dilihat dari bentuknya, sekilas tempe keju ini sangat mirip dengan risoles. Soal cara membuatnya, silahkan potong tipis tempe tersebut lalu potong lagi dengan bentuk segitiga. Lakukan juga hal yang sama pada keju, yakni ambil 1 lembar dan potong dengan bentuk segitiga. Siapkan dandang dan isilah dengan air secukupnya, kemudian rebus kurang lebih selama 10 menitan dan biarkan hingga agak dingin.

Siapkan wadah lain sebagai tempat mencampurkan tepung panir, garam, lada dan bawang putih. Aduk rata semua bahan tersebut, lalu kocok lepas telur pada mangkuk yang terpisah. Setelah itu ambil sepasang temped an sisipkan keju di tengahnya.

Lumuri dengan tepung panir, lalu telur kocok, dan kembalikan ke tepung panir sembari ditekan-tekan secara perlahan agar lebih padat ketika digoreng. Panaskan minyak goreng dengan api yang sedang, lalu goreng tempenya hingga warnanya berubah menjadi emas kecoklatan. Angkat dan sajikan dengan saus tomat atau saus cabai.

5. Tempe Katsu

Olahan kuliner berikutnya dari bahan tempe yang akan dibahas, yakni bernama tempe katsu. Hidangan yang satu ini memiliki tekstur yang renyah diluar dan lembut didalam, sehingga sangat ideal jika dicocolkan kedalam saus cabai maupun saus tomat. Dengan begitu, maka selera makanmu akan lebih bernafsu lagi.

Nah, itulah berbagai olahan kuliner lezat yang bahan dasarnya terbuat dari tempe. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *