Categories
Digital Marketing

Antara Pinjol Kredivo vs Dana Rupiah, Mana Paling Rendah Bunganya?

Antara Pinjol Kredivo vs Dana Rupiah, Mana Paling Rendah Bunganya?

Seneng dan terbantu banget rasanya kalo lagi kepepet, ada aplikasi kredit cepat yang bisa diandelin buat pinjam uang. Tambah seneng dan beruntung lagi kalo aplikasi fintech kredit cepat yang kita pilih bisa kasih pinjaman sesuai kebutuhan dengan bunga yang pas buat kantong kita.

Yak, itulah yang saya alami 3 bulan lalu pas nyobain pinjam uang lewat aplikasi Kredivo. Jujur, awalnya saya sempat kebingungan mesti pake aplikasi kredit cepat yang mana. Di Google Play Store aja daftarnya ada banyak banget. Bakalan makan waktu kan kalo saya cek satu per satu.

Berkat saran dari temen dan coba googling pengalaman pengguna, opsi saya akhirnya mengerucut ke Kredivo dan DanaRupiah. Kedua fintech kredit cepat ini udah terdaftar di OJK dan ada aplikasinya di Google Play Store. Akhirnya, saya bandingin keduanya buat liat mana yang oke untuk pinjaman.

Siapa tahu ada di antara kalian yang kayak saya, kebingungan juga milih aplikasi pinjaman. Jangan khawatir, berikut ini saya bakal ulas dan jelasin bedanya Kredivo vs DanaRupiah. Jadi, kalo kalian butuh pinjaman, kalian bisa seleksi dan pertimbangkan sendiri dari yang udah saya bandingkan.

Suku Bunga & Tenor Pinjaman di Kredivo vs DanaRupiah

Di Kredivo, fitur pinjaman tunai berlaku untuk pengajuan pinjaman mulai dari Rp 500 ribu dengan tenor 1/3/6 bulan. Sementara suku bunga pinjamannya hanya sebesar 2,6% per bulan. Di awal pengajuan pinjaman, Kredivo juga membebankan biaya admin sebesar 6% yang akan dipotong langsung dari jumlah pinjaman.

Di DanaRupiah, ada tiga tipe pinjaman tunai yang tersedia, yaitu: pinjaman personal, pinjaman produktif, dan pinjaman pelatihan serta pendidikan. Supaya apple to apple yang saya bandingin/ulas di sini hanya pinjaman personalnya aja ya. Untuk pinjaman personal, kita bisa pinjam dana di DanaRupiah mulai dari Rp 400 ribu sampai Rp 8 juta dengan tenor lebih dari 91 hari. Namun, suku bunga di DanaRupiah lebih tinggi dibanding dengan Kredivo karena DanaRupiah mematok suku bunga harian yaitu sebesar 0,8% per hari.

Tapi jangan khawatir, suku bunga tersebut sudah sesuai dengan angka maksimal yang ditentukan oleh AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia). Terlebih, baik Kredivo maupun DanaRupiah sama-sama sudah terdaftar di OJK.

Limit Pinjaman di Kredivo vs DanaRupiah

Selain pinjaman, Kredivo juga memiliki fitur cicilan untuk berbagai barang di merchant rekanannya. Dengan Kredivo, kita bisa kredit gadget, sepatu, kulkas, TV, dan lain-lain di e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, ataupun toko offline seperti Electronic City. Karena layanan kreditnya beragam, Kredivo memiliki bentuk limit kredit nontunai yang diberikan kepada penggunanya.

Limit nontunai tersebutlah nantinya yang bisa dicairkan menjadi pinjaman melalui fitur pinjaman tunai di aplikasi Kredivo. Maksimal limit yang bisa didapat pengguna Premium Kredivo adalah Rp 30 juta. Jumlah pengajuan minimum untuk pinjaman adalah Rp 500 ribu dan maksimal sebesar limit tersisa untuk tenor 6 bulan. Contohnya saya yang punya limit Rp 25 juta dari Kredivo, yang tersedia/tersisa untuk tenor 6 bulan adalah sebesar Rp 10 juta. Artinya, dana yang bisa saya pinjam lewat Kredivo maksimal adalah Rp 10 juta. Lumayan banget, kan?

Sementara di DanaRupiah, khusus untuk pinjaman personal, maksimal limit pinjaman yang bisa diajukan adalah sebesar Rp 8 juta. Cukup besar juga untuk ukuran pinjaman online tanpa jaminan dan tanpa survei.

Syarat dan Cara Pengajuan Pinjaman di Kredivo vs DanaRupiah

Buat kamu yang memenuhi tiga syarat berikut, kamu bisa daftar akun Kredivo sekarang juga:

  1. Merupakan WNI yang berusia 18 – 60 tahun.
  2. Berpenghasilan tetap minimal sebesar Rp 3 juta per bulan.
  3. Dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Untuk daftar, langsung aja download aplikasi Kredivo lewat Google Play Store atau App Store lalu tunggu 1 x 24 jam untuk proses approval. Jika diapproved, maka kita bisa langsung gunain fitur pinjaman tunai di aplikasi Kredivo untuk mencairkan limit jadi pinjaman sesuai kebutuhan.

Sementara itu, daftar DanaRupiah harus memenuhi syarat berikut:

  1. Merupakan WNI yang berusia 18 tahun ke atas.
  2. Berdomisili di Indonesia.
  3. Punya penghasilan tetap, rekening bank yang aktif, KTP asli, NPWP, BPJS, dan slip gaji jika berstatus sebagai karyawan.

Kalo sudah memenuhi syarat, kita bisa download aplikasi DanaRupiah di Google Play Store (untuk pengguna Android) untuk daftar dan mengajukan pinjaman.

Dari ulasan perbandingan di atas, buat kalian, yang mana yang paling pas/cocok?

Bagi saya sendiri, saya cenderung pilih dan cocok sama Kredivo terutama soal suku bunga dan fitur kreditnya yang lebih beragam. 3 bulan lalu, saya nyobain fitur pinjaman tunai di Kredivo buat pinjam dana sebesar Rp 1 juta dengan tenor 3 bulan. Berikut ini rinciannya:

  • Pokok pinjaman sebesar Rp1.000.000.
  • Biaya admin 6% dari total pinjaman sebesar Rp60.000.
  • Jumlah pinjaman yang saya terima Rp940.000.
  • Angsuran per bulan selama 3 bulan termasuk bunganya 2,6%, kurang lebih sekitar Rp359.340

Kalo ditotal, Rp359.340 x 3 bulan maka jumlahnya menjadi Rp1.078.020. Oke banget, kan buat ukuran pinjaman online tanpa jaminan? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *